Senin, 04 Maret 2013

TUGAS SOFTSKILL 2


TUGAS SOFTSKILL 2


Perubahan selera musik di Indonesia merupakan hal yang sangat penting yang harus diperhatikan bagi penyanyi atau band-band yang baru ingin memulai karier. Sehingga musik yang dipasarkan sesuai dengan permintaan masyarakat. Perkembangan industri musik sebaiknya harus diimbangi dengan Kualitas bermusik diantaranya kualitas dari lirik yang sesuai dengan etika, mampu mengekspresikan lirik lagu tersebut.

Sekilas mengenai Platinoem Band yaitu yang paling menarik, yang jarang ada pada band-band lain yaitu Platinoem Band berformasikan 5 mahasiswa yang berprestasi di bidang akademis yang mendapatkan beasiswa penuh dari salah satu Universitas Swasta terkemuka yang menyandang peringkat 5 secara nasional di Indonesia, sungguh hal yang sangat luar biasa bagi para personil Platinoem yang tak hanya beasiswa yang diraih, ternyata juga mendapatkan dukungan penuh dari kampusnya dalam hal bermusik hingga mewujudkan mimpi kebanyakkan para musisi untuk melahirkan sebuah karya album, dengan judul yang sama dengan nama kelompok musiknya yaitu Platinoem.

Platinoem Band, yang terdiri dari 5 personil yaitu : Sam (Lead dan Layer Vocal), Donny (Drums), Candra (Bass & Backing Vocal), Mocek (Electric Guitar & Backing Vocal) dan Angga (Acoustic & Electric Guitar, Backing Vocal).

Platinoem menggandeng Yovie Widianto Music factory, Platinoem menempatkan Yovie Widianto sebagai aranjer bintang tamu. Yovie juga mempercayakan dua karya ciptanya di re-arrangement dan dibawakan Platinoem Band, yaitu Bukan Untukmu dan Biarkanlah.

Setelah melihat dan mendengar lagu dan video klip dari band Platinoem, menurut saya band ini cukup bagus dalam mengekspresikan lagu tersebut. Lagu yang direcycle ulang bisa fresh kembali. Tetapi band tersebut memiliki kekurangan yaitu kurang jelih melihat trend yang sedang membooming diindonesia saat ini.

Untuk lebih maju dan dikenal dunia terutama di Indonesia, sebagai manajer band yang harus dilakukan yaitu

1.     Memberikan motivasi untuk membuat lagu dengan menciptkan warna lagu yang berbeda dengan band – band yang sudah ada.

2.     Memasarkan platinoem band dengan cara on air (acara acara/ program musik yang sudah ada contohnya : Inbox, Dahsyat, Mantap dll) ataupun off air ( di radio atau dengan cara mengisi acara – acara pentas seni yang diadakan oleh kampus ataupun sekolah – sekolah) dan mengadakan tour ke beberapa kota.

3.     Memasukan single di Ring Back Tone (RBT) tentunya yang tidak melanggar etika bermusik dengan membuat single ciptaan band itu sendiri, mengunggah video clip ke youtube, join dengan makanan cepat saji (KFC) untuk mempromosikan single dari band tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar